English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Sabtu, 26 Maret 2011

Keunggulan Mac OS X Makin Menggila

Tanpa peringatan khusus, sistem operasi Mac OS X buatan Apple yang dikenal punya kemampuan grafis sangat baik telah berusia satu dekade. Debutnya secara formal baru dilakukan pada 24 Maret 2001 dan sejak saat itu telah keluar beberapa versi dengan nama kode yang khas yakni bermacam jenis kucing besar.
Dalam sepuluh tahun sudah tujuh versi dirilis dan satu direncanakan akhir tahun ini. Masing-masing Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, leopard, Snow leopard, dan akan segera menyusul Lion. Awalnya nama kode tersebut hanya digunakan untuk kepentingan internal, namun justru menjadi sebutan yang akrab bagi para pecinta Mac.
Mac OS X sendiri sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1994 dengan proyek Copland di Apple. Kemudian platform tersebut disatukan dalam Apple Rhapsody developer Release setelah Apple mengakuisis penuh NeXT yang diriikan Steve Jobs pada 1996. Rhapsody berkembang menjadi Mac OS X Server (Hera) pada 1999. Versi publik beta dengan nama Kodiak keluar 30 September 2002 dan enam bulan kemudian baru dirilis versi pertama untuk publik.
Berikut perjalanan Mac OS X dari waktu ke waktu.
Mac OS X Cheetah
CEO Apple Steve Jobs menyebut Mac OS X sebagai platform penting bagi Apple setelah sistem operasi Macintosh pertama merevolusi industri pada tahun 1984. Saat diluncurkan 25 September 2001, versi pertama didukung 350 aplikasi di antaranya iMovie 2, iTunes, dan AppleWorks 6.1. Harganya waktu itu 129 dollar AS dan dipakai pada iMac, iBook, Power Macintosh G3, Power Mac G4, Power Mac G4 Cube, dan PowerBook.
Mac OS X 10.1 Puma
Apple pertama kali memperkenalkan versi kedua Mac OS X pada Juli 2001 pada acara Macworld dan baru dirilis 25 September 2011. Ini mungkin versi yang selisihnya paling cepat dari pendahulunya karena hanya enam bulan. Apple meningkatkan user interface dengan nama Aqua dan memperluas dukungan terhadap media dan perangkat seperti DVD, MP3, CD, printer, dan kamera digital. Harga satu unit lisensi saat itu juga 129 dollar AS.
Mac OS X 10.2 Jaguar
Versi ketiga ini diperkenalkan pada Agustus 2002 namun baru tersedia di pasar 23 Agustus 2002. Untuk pertama kali, nama kodenya dipakai dalam media marketing. Ada 150 fitur baru antara lain iChat, filter junk mail, dan teknologi jaringan yang lebih baik. Dalam seminggu pertama, terjual 100.000 copy. Ada dua paket yang tersedia seharga 129 dollar AS dan paket keluarga untuk lima orang hanya 199 dollar AS.
Mac OS X 10.3 Panther
Keluarnya versi keempat ini selisih lebih dari satu tahun dengan versi sebelumnya karena dirilis 24 Oktober 2003. Ada 150 fitur baru ditambahkan pada Mac OS X 10.3 ini, antara lain Finder dengan satu akses klik ke file dan folder, fitur tampilan Expose, dan iChat AV untuk videokonferensi. Tersedia pula versi Mac OS X Server 10.3. Harganya 129 dollar AS sedangkan untuk server 499 dollar AS untuk 10 klien dan 999 dollar AS untuk jumlah klien tak terbatas.
Mac OS X 10.4 Tiger
Untuk versi kelima, selisih waktu dengan versi keempat malah lebih panjang lagi karena baru keluar April 2005. Namun, ada 200 fitur baru yang menarik seperti fungsi pencarian dengan Spotlight dan Dashboard yang mendukung widget untuk pertama kalinya.
Mac OS X Leopard
Leopard memulai debutnya pada oktober 2007 dengan perbaikan pada fitur pencarian file dengan Stacks, desain ulang Finder, Quick Look, dan untuk pertama kali memperkenalkan backup Time Machine.
Mac OS X 10.6 Snow Leopard
Snow Leopard yang muncul Agustus 2009 mungkin perbaruan besar-besaran secara sistem keseluruhan karena Apple menyatakan telah memperbarui 90 persen dari 1000 proyek yang terlibat dalam pengembangan Mac OS X. Ukurannya hanya setengah versi sebelumnya karena cukup dengan media penyimpan 7 GB. Telah mendukung prosesor 64 bit.
Mac OS X 10.7 Lion
Generasi terbaru yang diberi nama Lion direncanakan akan dirilis akhir tahun ini. Namun, Apple telah mendistribusikan versi uji coba kepada beberapa mitra pengembang. beberapa fitur baru antara lain teknologi berbagi file secara nirkabel AirDrop dan desain ulang aplikasi Mail. Juga ada tool interface LaunchPad untuk menampilkan tampilan layar iPhone dan iPad ke Mac. Platform ini juga akan mendukung penuh layar multitouch.
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini