English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Senin, 25 April 2011

Harga Ayam Calleke Lebih dari Rp 2juta

SINJAI, Beita Uptodate - Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, mempunyai sebuah komunitas bernama "Komunitas Pecinta Ayam Calleke". Calleke adalah bahasa daerah setempat yang artinya ketawa. Komunitas yang berjumlah sekitar 50an orang itu, memang memelihara ayam yang jika berkokok mirip dengan suara orang sedang ketawa.

"Setelah latihan, biasanya ada kontesnya yang digelar di sini (Sinjai), ataupun di beberapa Kabupaten/ Kota yang ada di Sinjai, termasuk di Makassar," ungkap Achank, salah seorang pecinta Ayam Calleke.Komunitas ini biasanya berkumpul di lokasi taman Topekkong, Kecamatan Sinjai Utara, pada hari minggu untuk melatih ayam mereka, agar suaranya bisa sama dengan suara orang ketawa. Saat dikunjungi Berita Uptodate, Minggu, (24/4/2011), puluhan pecinta ayam ini dan juga warga sekitar memadati taman, yang memang sudah disiapkan sebagai tempat latihan ayam.
Menurutnya, ayam-ayam ini memang memiliki suara yang khas sehingga harganya juga mahal, dibanding harga ayam kampung biasa sekitar Rp150 ribuan, namun jika memiliki suara yang unik atau disebut ayam calleke, harganya bisa mencapai Rp 2 juta bahkan lebih. Padahal, yang membedakan hanya suara berkokoknya saja.
Makanya kata Achank, yang mengaku memliki sekitar delapan ekor ayam tersebut, rela merogok koceknya lebiih dalam, untuk menyalurkan hobinya, dan bertekad untuk mengikutkan “Kontes ayam Calekke”.  “Kalau dulu memang saya beli memang harganya sudah jutaan, dan kalau menang bisa juga dijual dengan harga yang lebih tinggi,” jelasnya.
Sementara, puluhan ayam yang sudah bertengger di pohon, memang saling bersahut-sahutan dengan suara khasnya, sehingga mengundang perhatian warga yang melintas di jalan tersebut.
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini