English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Kamis, 04 November 2010

Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Setinggi 4 Km

Kolom asap erupsi eksplosif Gunung Merapi pada Kamis (4/11/2010) pagi sekitar pukul 05.55 WIB diperkirakan mencapai ketinggian lebih dari empat kilometer. Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (OVMBG) Surono di Yogyakarta, erupsi eksplosif yang terjadi pada Kamis pagi tersebut berskala cukup besar bahkan diperkirakan lebih besar dibanding erupsi ekplosif pada 26 Oktober 2010.
Akibat erupsi eksplosif tersebut, Surono memperkirakan akan terjadi hujan abu di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, karena angin masih mengarah ke barat. Ia meminta agar Bandara Adi Sutjipto mewaspadai adanya abu vulkanik untuk pesawat yang akan berangkat dari dan menuju ke Yogyakarta.
Sejak Rabu kemarin mulai pukul 11.04 WIB, erupsi terus terjadi di Gunung Merapi dan berdasarkan hasil rekaman seismograf di Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) awan panas secara beruntun terus terjadi hingga tengah malam.
Selain awan panas, pada Rabu malam, juga terlihat lontaran batu pijar sehingga seluruh petugas pos pengamatan Gunung Merapi ditarik mengingat bahaya yang akan terjadi.
Batas terjauh luncuran awan pada Rabu adalah sekitar sembilan kilometer (km) di Kali Gendol.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi kemudian menetapkan radius aman sejauh 15 kilometer dari puncak Gunung Merapi. www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini