English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Jumat, 19 November 2010

Zona Aman Sekitar Gunung Merapi Telah Dipersempit


Sleman, Berita Uptodate ;
Zona atau radius aman dari bahaya letusan gunung Merapi, kemarin dipersempit lagi. Terutama di beberapa wilayah Sleman. Selain Klaten, rata-rata jarak aman diturunkan lima kilometer dari jarak aman sebelumnya.

Untuk wilayah Sleman, di sebelah barat Kali Boyong radius bahaya menjadi 10 kilometer dari 20 kilometer. Sedang yang berada di timur sungai tersebut sampai ke Kali Gendol, radius bahaya menjadi 15 kilometer. Untuk wilayah Magelang menjadi 10 kilometer dari 15 kilometer, dan Boyolali dari 10 kilometer menjadi lima kilometer.

Namun, untuk Klaten jarak amannya tetap sama, yaitu 10 kilometer. Meskipun ada penyempitan zona aman, tapi untuk status Merapi tetap awas.

Selain secara resmi diumumkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), adanya penurunan radius aman dari puncak Merapi tersebut juga diumumkan oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Sleman.

Bupati Sleman Sri Purnomo, rencananya secara resmi akan mengumumkan penurunan ini di ruang sekda Pemkab setempat, Jumat sore ini, pada pukul 14.30 WIB.

Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengatakan, aktivitas Gunung Merapi cenderung menurun, termasuk intensitasnya menjadi pertimbangan mengapa pihaknya mengurangi radius aman tersebut.

Indikasi penurunan aktivitas dan intensitas erupsi Gunung Merapi tersebut diperoleh dari hasil pemantauan seismik, visual maupun deformasi pada Kamis kemarin. Berdasarkan indikasi seismik, tekanan suplai magma dari bawah sudah mulai berkurang, begitu pula dengan amplitudo tremor dan gempa vulkanik menurun.

Selain itu, berdasarkan pengamatan visual, tinggi kolom asap yang terbentuk juga semakin berkurang yaitu antara 1.000-2.000 meter dari puncak Gunung Merapi. Dia berharap, tekanan fluida magma yang semakin berkurang akan terbentuk kubah lava yang stabil yang menandai tahapan akhir dari erupsi Gunung Merapi.

“Berdasarkan hal-hal tersebut, kami kemudian menetapkan radius rawan bahaya letusan Gunung Merapi pada Jumat ini, rata-rata lima kilometer, kecuali Klaten,” terang Surono.

Sedangkan untuk Kabupaten Sleman dibagi menjadi dua wilayah yaitu 15 kilometer untuk sisi timur Kali Boyong dan 10 kilometer di sisi barat Kali Boyong.

"Selain itu, bukaan kawah yang berada di puncak Gunung Merapi mengarah ke selatan sehingga untuk sisi timur Kali Boyong radius rawan bahayanya lebih panjang dibanding di sisi barat. Termasuk Klaten yang jaraknya tetap 10 kilometer,” jelasnya.
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini