English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Selasa, 28 Desember 2010

Hati - hati Minum Obat Batuk Sebelum Tidur


TANYA : Dokter Intan Yth. Saya mempunyai masalah kesulitan tidur. Setiap tidak bisa tidur saya selalu mengkonsumsi obat batuk setengah sendok. Apakah ini membahayakan kesehatan tubuh saya secara menyeluruh?
Efek apa yang akan saya dapatkan jika kebiasaan ini saya teruskan? Saya mengkonsumsi obat batuk karena obat tersebut bisa membuat saya mengantuk setelah di konsumsi. Mohon bantuannya. Terima kasih dokter atas jawabannya.
Ratna, 28 Jakarta
JAWAB :
Mbak Ratna yang baik, memang beberapa obat mengandung antihistamin yang berefek sedasi (mengantuk). Tujuannya selain menekan refleks batuk juga memberiksan kesempatan istirahat untuk pasien batuk. Akan tetapi, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi obat batuk jika tidak bisa tidur.
Konsultasikanlah hal ini lebih detil dengan dokter Anda. Pada prinsipnya, berkonsultasi akan jauh lebih baik karena berbagai macam hal dapat menyebabkan Anda tidak bisa tidur.  Dengan begitu, kita dapat mengetahui pasti apakah penyebab masalah  Anda tidak bisa tidur dan menemukan solusinya.
Saran saya, cobalah untuk melakukan aktivitas yang cukup pada pagi siang dan sore, sehingga di malam hari tubuh akan merasa lelah dan bisa tidur. Seandainya tidak bisa, dokter akan mengatur pola tidur dengan bantuan obat, bisa berupa obat tidur maupun obat antihistamin yang berefek tidur.
Minum obat batuk tidak dianjurkan karena zat yang dikandungannya banyak, bukan hanya obat tidur. Saya khawatir, hal ini tidak rasional dan ditakutkan terjadi efek samping berbahaya yang ditimbulkan oleh obat lain yang terkandung dalam komposisisi obat batuk tersebut. Semoga jawaban saya bisa membantu anda.
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini