English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Minggu, 29 Mei 2011

Inilah Resimen Mahasiswa Pertama Di Lampung

BANDAR LAMPUNG, Berita Uptodate - Menwa Unila merupakan resimen mahasiswa pertama yang ada di Lampung.
Organisasi kampus ini pertama kali didirikan oleh Suprapto yang mendapatkan mandat langsung dari gubernur Lampung saat itu Sutiyoso. Menwa Unila berdiri pada bulan Januari 1977.
Ketika pertama berdiri organisasi ini hanya beranggotakan sekitar 1 pleton atau 30 orang anggota. Berdasarkan aturan yang ada perekrutan setiap anggota baru untuk setiap angkatan hanya 1 pleton dan kini sudah angkatan yang ke-32.
Menurut Komandan Menwa Unila Kukuh Bagus Gunawan, resimen mahasiswa adalah sebuah wadah dalam mempersiapkan generasi muda mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental. Serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas tri dharma perguruan tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu dalam proses pengkaderan resimen mahsiswa harus memiliki dasar acuan serta pedoman diklat dalam melaksanakan pembinaan didalam lingkup satuan resimen mahasiswa.
“Resimen mahasiswa adalah pewaris dan penerus semangat dan pengabdian tanpa pamrih yang senantiasa sadar akan pannggilan ibu pertiwi dan ikut berjuang membela kemerdekaan Indonesia, keikutsertaan mahasiswa dalam merebut, mempertahankan dan menjaga kedaulatan NKRI akan terus berlanjut sampai kapanpun,” ujar Kukuh Bagus Gunawan.  
Saat disinggung bagaimana cara calon peserta yang ingin mendaftarkan diri, Kukuh Bagus Gunawan menjelaskan setiap tahun ajaran baru dibuka rekrutmen anggota baru. Kemudian dilakukan penyeleksian dan pelatihan.
“Apa bila setiap peserta mampu dan dapat memenuhi persyaratan baru bisa dikukuhkan sebagai anggota menwa secara resmi. Biasanya dalam setiap penyeleksian akan ada peserta yang mengundurkan diri karena tidak sanggup menjali pelatihan yang diberikan,” katanya.    
Dengan dibekali pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk membentuk anggota yang mempunyai kecerdasaan berpikir, memiliki jiwa juang, kepribadian baik dan skill professional. Serta didukung oleh kesehatan jasmani sehingga diharapkan setiap anggota menwa mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsiresimen mahasiswa secara optimal.
Seiring dengan perkembangan zaman, resimen mahasiswa juga banyak mengalami perubahan-perubahan. Ini juga diiringi dengan kemajuan berpikir dan bertindak yang disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi saat ini. Organisasi pengkaderan seperti resimen mahasiswa akan mencapai tujuan yang lebih sempurna. Apabila pendidikan dan latihan yang dipunyai telah sesuai dengan kebutuhan baik secara intelektual maupun skill profesional. 
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini