English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Rabu, 05 Januari 2011

Hatta: Pemerintah Siapkan Dana Cadangan Terkait Kenaikan Harga Minyak

Meski harga minyak mentah internasional naik, pemerintah menjamin tidak akan mengatrol harga bahan bakar minyak. Sebab, harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) masih aman.
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, sepanjang 2010 rata-rata ICP hanya 78 dollar AS per barel. Menurut Hatta, ICP ini masih lebih rendah dari harga minyak mentah dunia sebesar 4 dollar AS hingga 5 dollar AS per barel.
Apalagi, Hatta bilang, saat ini baru memasuki awal tahun 2011 sehingga agak sulit memprediksi harga ICP bisa melewati target 80 dollar AS per barel. "Terlalu pagi kita mengasumsikan bahwa harganya itu akan bertengger pada 90 dollar AS atau 100 dollar AS ," katanya, Rabu (5/1/2011).
Yang jelas, pemerintah menyiapkan dana cadangan risiko fiskal jika target ICP dalam APBN 2011 meleset dari 80 dollar AS per barel. Hatta mengatakan, kenaikan ICP sebesar 1 dollar AS per barel akan memicu risiko fiskal terhadap kenaikan subsidi mendekati Rp 900 miliar.
Sekadar informasi, dari data yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan, dalam APBN 2011 terdapat dana cadangan risiko fiskal sebesar Rp 4,2 triliun. Dana itu dipakai untuk mengatisipasi perubahan asumsi makro, termasuk jika asumsi ICP meleset.
Hatta menambahkan, tren kenaikan harga minyak tidak akan berlangsung lama. Dia yakin Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) akan segera menyikapi kenaikan minyak tersebut. Sebab kenaikan harga minyak akan mengganggu pertumbuhan ekonomi dunia, terutama akan mengerem sektor industri.
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini