English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Minggu, 17 Oktober 2010

Manggis Tanggamus Tembus Pasar Australia



Manggis Tanggamus Tembus Pasar Australia
KOTA AGUNG (Berita Uptodate): Kesuburan tanah Lampung sudah terbukti. Australia bakal memborong habis buah manggis variatas sabuari asal Tanggamus untuk kemudian dipasarkan di negeri Kanguru tersebut.
Hal itu dikatakan Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Pertanian Kotaagung Timur Joko Prabowo usai mendampingi staf Badan Karantina Pertanian kantor Kementerian Pertanian Bambang saat meninaju perkebunan manggis Kelompok Tani Doa Ibu, di Pekon Menggala, Kecamatan Kotaagung Timur, Jumat (15-10).
Dia mengungkapkan investor asing tersebut menyatakan kesiapannya membeli manggis dari daerah ini setelah meninjau areal perkebunan pada 4 Novemeber 2010.
Sebelumnya, Badan Karantina Pertanian, didampingi Balai Proteksi Tanaman, Direktorat Buah dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus melakukan verifikasi lahan.
Tujuannya mengetahui sejauh mana kelayakan lahan dan juga tanaman manggis di daerah ini.
Badan Karantina Pertanian menyatakan produk manggis dari perkebunan manggis Kelompok Tani Doa Ibu layak untuk dipasarkan ke mancanegara. Dia berharap masuknya investor semakin menyejahterakan petani manggis Tanggamus.
Selain Australia, sejumlah negara asing sebelumnya sudah mengimpor buah manggis saburai asal Tanggamus ini.
Hal menggembirakan lainnya, manggis saburai Kabupten Tanggamus akan menjadi bagian dari produk unggulan hortikultura Nusantara yang ditampilkan pada kegiatan hari pangan sedunia di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada 20—30 Oktober.
Joko menjelaskan terpilihnya manggis saburai tidak lepas dari sudah diraihnya sertifikasi prima 3 untuk pengelolaan mutu buah, yang dikeluarkan otoritas kopetensi ketahanan pangan daerah (OKKPD). Sertifikat tersebut diraih setelah melalui beberapa tahapan panjang, mulai dari pembuatan standar operasional prosedur (SOP) serta pengecekan oleh tim OKKPD ke kebun manggis.
Sampai saat ini, menurut Joko, manggis saburai menjadi satu-satunya buah yang telah mendapatkan sertifikasi prima 3 di Provinsi Lampung. Dengan sertifikat prima 3 tersebut, kata dia, manggis saburai telah memenuhi kualitas standar ekspor.
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini