English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Kamis, 09 Juni 2011

Jakarta Gagal Raih Adipura

JAKARTA, Berita Uptodate - Jakarta gagal memperoleh Piala Adipura 2011. Hal ini lantaran masalah kualitas udara dan air masuk menjadi kriteria baru penilaian yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup tahun ini.
"Hal ini tentunya harus menjadi cambuk bagi tiap walikota di Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan," kata Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Ahmad Haryadi di Pusat Studi Jepang UI, Depok, Kamis (9/6/2011).
Tidak hanya kriteria saja yang berubah, jumlah penerima piala Adipura pada tahun ini pun disusutkan menjadi dua kota saja. Sedangkan pada tahun sebelumnya ada delapan kota yang berhak menerima piala Adipura ini.
Ia juga menjelaskan gagalnya Jakarta memperoleh piala Adipura ini juga merupakan tanggung jawab masyarakat Ibu Kota. Terjaganya kebersihan di Ibu Kota juga tidak pernah terlepas dari peran serta masyarakatnya.
"Coba siapa yang sering buang sampah di sungai sampai mencemari kualitas airnya? Masyarakat. Untuk itu dibutuhkan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Semoga tahun depan bisa membaik dan bisa meraih kembali Adipura," ujar Haryadi.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Eko Bharuna mengatakan kenaikan standar penilaian itu sah saja. Hanya saja hal itu tidak bisa dibandingkan secara lurus dengan kota lain.
"Kota lain walikotanya bisa mengelola langsung sendiri. Sedangkan Jakarta kan Ibu Kota negara jadi tentunya ada campur tangan pemerintah pusat. Otonominya tidak bisa sepenuhnya," tutur Eko.
Dengan kata lain, untuk menangani masalah ini, Pemerintah Pusat juga harus memberikan bantuan dan kontribusi kepada Pemprov DKI. Semuanya harus terintegrasi dengan rapi, baik tata ruang, lalu lintas dan biaya.Pada penganugerahan Piala Adipura tahun ini, Jakarta kalah bersaing dengan Surabaya, Palembang, dan Tangerang.
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini