English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Rabu, 26 Januari 2011

TIM PENILAI LOMBA KESRAK PKK-KB-KESEHATAN PROVINSI LAMPUNG KUNJUNGI PEKON TEGALSARI GADINGREJO




PRINGSEWU – Tim penilai Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK, KB, Kesehatan Provinsi Lampung, Rabu (26/1) menilai Pekon Tegalsari, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Tim penilai lomba kesrak PKK-KB-Kesehatan tersebut diantaranya adalah Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ny Hj Truly Sjachroedin ZP, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Lampung Johson Napitupulu, serta jajaran dari BKKBN, PKK, Dinas Kesehatan, dan instansi lintas sektoral lainnya.


Pekon Tegalsari berhasil mewakili Kabupaten Pringsewu dalam lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan tersebut, karena keberhasilan pekon ini dalam menerapkan sejumlah program-program yang terkait lomba tersebut, yakni di bidang PKK, Keluarga Berencana, maupun di bidang kesehatan.

Dalam laporannya, Kepala Pekon Tegalsari Bambang yang juga Pembina TP-PKK pekon setempat mengatakan, Pekon Tegalsari yang berjarak kurang lebih 13 kilometer dari ibukota Kabupaten Pringsewu tersebut, secara geografis berbatasan dengan Pekon Tulungagung di sebelah barat, dengan Pekon Mataram di sebelah utara, sebelah selatan berbatasan dengan Pekon Gadingrejo, serta di sebelah timur berbatasan dengan Desa Purworejo, Kecamatan Negerikaton, Kabupaten Pesawaran.

Secara administratif, Pekon Tegalsari memiliki luas wilayah 350,5 hektar, terbagi menjadi 4 dusun, yakni amsing-masing Dusun Tegalsari I, Tegalsari II, Purwosari I, serta Purwosari II, dengan jumlah penduduk sebesar 4.037 jiwa, terdiri 2.032 laki-laki dan 2.005 perempuan.
”Di bidang pelayanan kesehatan, Pekon Tegalsari memiliki sebuah Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), 1 posyandu madya, 2 posyandu purnama, serta 1 posyandu mandiri. Tingkat kesertaan ber-KB juga sangat baik, termasuk pelaksanaan 10 program pokok PKK, yang telah menjangkau 4 kelompok PKK pekon, 4 PKK dusun, 16 PKK RT, serta 59 PKK Dasawisma,” ungkapnya.

Adapun untuk tahapan kesejahteraan keluarga di Pekon Tegalsari, lanjut dia, terdiri dari keluarga pra sejahtera sebanyak 402 (38,2 %), sejahtera I sebanyak 174 (16,5 %), sejahtera II sebanyak 240 (22,8 %), sejahtera III sebanyak 228 (21,6 %), serta sejahtera III plus sebanyak 8 (0,76 %), sehingga secara keseluruhan mencapai 1.052 keluarga sejahtera.

Sementara itu, Pj Bupati Pringsewu H.Sudarno Eddi, SH, MH mengungkapkan, secara khusus keikut sertaan Pringsewu mengikuti lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan tersebut adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat, khususnya dalam peningkatan jumlah dan mutu posyandu dan kadernya , serta melaksanakan revitalisasi posyandu, meningkatkan rumah tangga sehat, mendorong tumbuh kembangnya partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam program pelayanan dasar, khususnya program KB dan kesehatan.
“Selain itu, juga untuk menumbuh kembangkan kelompok-kelompok kegiatan PKK, meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan dan program KB, khususnya bagi keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera Alasan Ekonomi, serta memantapkan peranan kelembagaan dan 10 program pokok PKK, dan sebagainya,” ujarnya.

Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Ny Truly Sjachroedin ZP mengaku bangga dan merespon keikut sertaan Kabupaten Pringsewu yang diwakili Pekon Tegalsari, Kecamatan Gadingrejo, dalam lomba kesrak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung untuk kali pertama ini, bersaing bersama 14 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.
“Mudah-mudahan meskipun sebagai daerah baru, Pringsewu bisa tampil lebih baik bahkan lebih baik dari induknya Kabupaten Tanggamus,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Ny Hj Truly Sjachroedin ZP dan rombongan juga menyempatkan diri melihat-lihat pameran produk masyarakat Pringsewu didampingi Ketua TP-PKK Pringsewu Ny Hj Lisnalela Sudarno Eddi. Juga turut serta Pj Bupati Pringsewu H.Sudarno Eddi, Ketua DPRD Pringsewu Ilyasa, serta jajaran Pemkab Pringsewu lainnya. (*/HUMAS & PROTOKOL PEMKAB PRINGSEWU/ISNANTO HAPSARA, A.Md))

sumber: Rapemda
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini