English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Singo
SELAMAT TEKA NANG BLOG BERITA UPTODATE, SEMOGA INFO KARO BERITANE BISA NAMBAH WAWASAN KOE2 PADA

Jumat, 01 April 2011

Artikel Kesehatan: Gangguan Penglihatan Ganda (Amblyopia)

amblyopia


Gangguan penglihatan ganda (amblyopia) pada anak usia sekolah

Gangguan penglihatan jenis ini mengenai 2-3% penduduk. Gangguan ini sering sulit diperbaiki dan berdampak pada kehidupan keseharian penderita. Gangguan penglihatan ini berhubungan dengan kelainan di pusat penglihatan di otak di mana pusat untuk satu mata tidak berkembang baik seperti mata yang satunya. Keadaan yang berhubungan dekat dengan gangguan ini adalah juling (strabismus). Amblyopia yang tidak diperbaiki bisa menimbulkan buta pada mata yang terganggu.
Meskipun pusat penglihatan terganggu di otak, tetapi mata bersangkutan masih bisa melihat meskipun kurang tajam dan kabur. Akibatnya otak hanya memerintahkan mata yang sebelah lagi dalam melihat obyek.
Amblyopia sering terjadi pada anak umur di bawah 6 tahun. Biasanya keluhan anak sudah dikenal orang tua maupun petugas kesehatan di keluarga. Biasanya lama kelamaan anak tidak melihat dengan mata yang kurang sehat. Atau anak menutup mata tersebut dan hanya melihat dengan mata yang baik. Hingga anak sering mengeluh sakit pada bola mata atau sakit kepala. Penyebab amblyopia adalah seringnya trauma pada mata pada setiap umur.
Gangguan penglihatan jenis ini perlu segera diperbaiki sebelum otak terlatih memerintahkan menggunakan mata yang sehat. Perhatikan waktu anak bermain komputer dan menonton televisi. Usahakan mengatur sinar cukup terang. Tetapi tidak sampai menyilaukan. Jangan lupa mengingatkan anak supaya istirahat sewaktu-waktu, jangan terus-menerus di depan televisi dan komputer. Kalau anak yang bermain video game di komputer atau televisi perlu disuruh istirahat dan orang tua perlu mengecek keadaan ini. Usahakan agar anak duduk menonton televisi dengan jarak 8-10 kaki (sekitar 2,5 – 3 meter). Serta diusahakan sewaktu-waktu istirahat dan tidak terus-menerus duduk menonton di depan televisi.
www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Download Film Panas

 
Pantau Jalur Mudik Lebaran paling Update di sini